[post_ad]

3 Tips Mengetahui Ciri-Ciri Emas Asli Atau Palsu


Emas yang memiliki kadar yang rendah adalah emas palsu contohnya emas dengan karat 10 atau dibawahnya.Patinya kita yang memiliki emas ingin mengetahui apakah emas yang akan kita miliki itu emas palsu atau asli.

Untuk tahap awal, jika ingin investasi emas pastikan terlebih dahulu toko emas tempat anda membeli telah bersertifikasi misalkan kalau di negeri kita indonesia ada LM emas keluaran Antam atau Dinar keluaran dari gerai dinar (yang dicetak pula oleh Antam).

Adanya sertifikasi tersebut setidaknya kita sudah mendapat garansi awal bahwa emas yang kita miliki itu benar-benar asli sesuai dengan spesifikasi yang ada di sertifikat. Tetapi jika anda ingin memeriksa untuk diri sendiri saat membeli emas, berikut ini ada beberapa cara sederhana untuk mengetahui ciri-ciri emas itu asli atau palsu(berkarat rendah).

3 Tips Mengetahui Ciri-Ciri Emas Asli Atau Palsu

1. Lihat Emas Dari Bentuk Visualnya

Cara yang mudah untuk memeriksa apakah sebuah emas asli atau palsu yang pertama adalah dengan melihat ciri-ciri visualnya. Amati dan Cermati tanda-tanda tertentu yang merupakan ciri emas murni. Biasanya di dalam perhiasan emas atau logam mulia ada cap yang menandakan informasi kadar emas.

Jika tulisan terlalu kecil gunakan lah kaca pembesar untuk mempermudah dalam proses pengamatan. Tetapi tidak semua emas memiliki cap, contohnya model-model emas yang lama.

Cara selanutnya lihat perubahan warna. Gosokan dengan jari anda di bagian-bagian tertentu atau cari bagian yang kira-kira sering mendapat gesekan, misal sekitar tepi koin emas atau logam mulia. Emas palsu akan menampilkan warna logam yang lain yang berbeda di bawahnya sehingga terlihat jelas warna emas tidak seragam dan bergradasi.

2. Goreskan Emas pada Keramik

ciri yang kedua untuk mengetahui apakah emas asli atau palsu adalah dengan menggoreskannya pada kertas atau keramik. Tetapi perlu diingat untuk melakukan proses pengujian ini memiliki resiko logam mulia emas anda yang diuji akan tergores.

Ambil piring keramik yang polos atau gunakan keramik lantai. Goreskan emas anda ke permukaan keramik dengan perlahan. Jika terdapat goresan hitam pada keramik, berarti emas tersebut palsu namum jika tidak ada goresan hitam kemungkinan besar emas anda asli.

3. Pengujian Emas Dengan Magnet

Cara ke-3 yaitu dengan dengan menggunakan magnet, Minimal kita tahu bahwa emas yang kita miliki atau yang akan dibeli bukan lahlogam besi yang dilapisi emas.

Gunakanlah sebuah magnet yang kuat, jangan anda gunakan magnet-magnet hias yang biasa digunakan pada lemari es. Arahkan emas anda ke magnet jika emas yang di uji tertarik oleh magnet dan menempel bisa dipastikan kalau emas itu palsu.

Namun perlu diingat bahwa peujian dengan magnet ini bukan 100% jaminan karena banyak juga logam lain yang non-magnetik yang dapat digunakan sebagai emas palsu.

Demikaanlah 3 tips Sederhana dalam pengujian emas semoga dapat bermanfaat...
Previous
Next Post »

Silhakan memberi Komentar, Kritik, atau Saran ConversionConversion EmoticonEmoticon