Contoh Teks Eksplanasi

3 min read

Teks Eksplanasi atau dapat di katakan sebagai teks penjelasan yang saat ini sedang dipelajari oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) . Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan teks yang lain, untuk menguasai materi ini dibutuhkan kemampuan secara khusus. Banyak para siswa menemukan kesulitan saat membuat contoh dari teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Beradasarkan dari asal katanya, eksplanasi memiliki arti memberi penjelasan. Teks eksplanasi berisi sebuah penjelasan tentang bagaimana sebuah kejadian atau peristiwa terjadi (hubungan sebab akibat pada suatu peristiwa).

Menurut Restuti, sebuah teks eksplanasi dapat digunakan untuk menjelaskan bermacam fenomena yang terjadi (fenomena sosial atau fenomena alam).

Menurut Mahsun, teks ekplanasi mengandung beberapa bagian, yaitu pernyataan umum, kalimat penjelas dan kalimat interpretasi.

Berdasarkan dari beberapa pendapat ini, teks ekplanasi dapat dikembangkan dengan menggunakan struktur-struktur yang jelas.

Oleh karena itu, luasnya tema yang terdapat pada teks ekplanasi memungkinkan kesalahpahaman bagi siswa bahkan menyulitkan pelajar untuk membedakan sebuah teks eksplanasi.

Berikut ini adalah uraian ciri-ciri yang dapat menjadi tolak ukur dalam membedakan teks eksplanasi dan teks lainnya. Hanya dengan mengenali ciri-ciri sebuah teks akan memudahkan para penulis untuk menyusun teks ekplansi dalam menjelaskan sebuah fenomena.

Aplikasi Serupa :  Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk pemahaman yang lebih baik tentang teks eksplanasi, penulis harus mengetahui terlebih dahulu ciri dari sebuah teks eksplanasi. Berikut ini adalah ciri-ciri yang wajib diketahui dalam menulis teks eksplanasi :

Informasi Teks Merupakan Peristiwa Nyata

Ciri pertama yang sangat jelas terdapat dalam teks eksplanasi adalah bahwa informasi yang terdapat dalam teks adalah peristiwa nyata. Informasi dari peristiwa aktual dapat didukung oleh fakta yang terkait dengan peristiwa tersebut.

Penulis dapat menyampaikan sebuah pemahaman tentang fenomena yang sedang dibahas dan kemudian membuat penjelasan dalam penjelasannya. Rangkaian penjelasan ini merupakan bukti bahwa fenomena ini telah benar-benar terjadi dan juga dapat memberikan deskripsi tentang sebab dan akibat bagi pembaca.

Terdapat Unsur Ilmu Pengetahuan Pada Teks

Ciri yang kedua adalah terdapat unsur ilmu pengetahuan pada teks. Karena membicarakan tentang peristiwa yang nyata, penulis harus menggunakan dasar ilmu pengetahuan yang jelas untuk menjelaskan penyebab terjadinya sebuah peristiwa.

Sains (Ilmu Pengetahuan Alam) memberikan kemungkinan terbesar untuk membuat teks eksplanasi, karena dalam ilmu sains ini terdapat kata-kata ilmiah yang harus dijelaskan lebih detail. Masalah lain yang bisa dijadikan teks eksplanasi adalah sebuah fenomena sosial seperti pengangguran.

Untuk memperdalam diskusi tentang fenomena ini, dapat dibahas dengan menggunakan ilmu psikologi dan ilmu ekonomi. Ilmu psikologi dan ilmu ekonomi sangat erat hubungannya dengan istilah asing. Sebuah kata yang sulit dipahami dapat dijelaskan secara rinci sehingga pembaca dapat menerima informasi baru tentang topik yang diangkat dengan lebih mudah.

Sifat Informatif Dari Teks, Tetapi Tidak Memiliki Pengaruh Pada Pembaca.

Ciri – ciri yang ketiga adalah jenis teks yang bersifat informatif tetapi tidak mempengaruhi pembaca. Penjelasan penyebab suatu fenomena dapat diberikan dalam teks eksplanasi. Tetapi penulis tidak dapat mengundang pembaca untuk membenci atau menghakimi.

Aplikasi Serupa :  Fungsi Tulang Kering

Dengan penggunaan kalimat yang memberikan sebuah informasi, penulis akan memberikan kemungkinan pada pembaca untuk memutuskan apakah akan meniru hal-hal negatif yang terjadi atau tidak.

Penggunaan Kata-Kata untuk Mengurutkan Kejadian

Ciri yang terakhir adalah menggunakan kata-kata yang untuk mengurutkan sebuah kejadian atau peristiwa. Contohnya adalah kata “kemudian”, “setelah itu”, “lalu”, dll. Kata-kata seperti ini menunjukkan urutan sebuah peristiwa yang terjadi dan memberikan informasi dengan sifat sebab akibat.

Penggunaan subyek manusia merupakan hal umum dalam sebuah teks berita. Dalam teks eksplanasi, pembahasan yang berkaitan dengan manusia sebagai pelaku diminimalkan, terutama pada pembahasan yang berkaitan dengan peristiwa alam. Fenomena yang dibahas akan terlihat seperti peristiwa ilmiah dan terjadi seolah-olah merupakan hubungan sebab akibat pada alam.

Contoh Teks Ekplanasi Singkat dan Lengkap Beserta Strukturnya

Gempa Bumi
Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan sebuah goncangan yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu pada bumi. Semua getaran ini berasal dari bagian bawah permukaan bumi. Guncangan gempa bumi (seismik) sering terjadi di beberapa daerah-daerah tertentu. Daerah ini merupakan daerah gunung berapi yang masih aktif dan daerah sepanjang lautan luas.

Seri sebab dan akibat penjelasan:

Akhirnya gempa bumi akan terjadi karena pergerakan atau perpindahan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat kuat. Tidak hanya itu saja, gempa bumi terjadi sangat cepat dan memiliki dampak yang sangat kuat terhadap lingkungan. Getaran gempa sangat kuat dan menyebar ke segala arah, pada akhirnya semua bangunan di atas bumi menjadi rata. Bahkan kejadian seperti itu juga bisa memakan korban jiwa. Berdasarkan pada penyebab terjadinya, terdapat dua jenis klasifikasi gempa bumi, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Aplikasi Serupa :  Mitokondria Hewan

Penyebab gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh gunung berapi dengan ukuran letusan besar. Jika dibandingkan dengan gempa tektonik, Gempa vulkanik sangat jarang terjadi. Sedangkan gempa tektonik adalah melunaknya lapisan kerak bumi sehingga lapisan batu pada dasar bumi mengalami pergerakan atau pergeseran.

Menurut teori lempeng tektonik, menjelaskan bahwa terdapat beberapa lapisan buatan yang merupakan bagian dari bumi. Sebagian besar daerah yang berlapis kerak ini akan tersapu dan mengapung pada sebuah lapisan seperti salju. Gerakan lapisan ini sangat lambat sehingga bertabrakan dan terbelah. Hal seperti itulah sebab terjadinya gempa bumi.

Intrepretasi

Tanpa mengetahui musim, gempa dapat terjadi kapan saja. Meskipun seperti itu, gempa sering terjadi hanya pada daerah-daerah tertentu. Misalnya di perbatasan laut Pasifik. Karena sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh gunung berapi. Karena itu, tempat itu sering disebut dengan lingkaran api.

Baca Juga :

Fungsi Tulang Paha

Yogi Tech
2 min read

Fungsi Tulang Kering

Yogi Tech
1 min read
WELCOME
Selamat Datang di Website Kami Jika ada link yang rusak silahkan hubungi kami melalui admin@jamiatabdillah.net