Fungsi Ribosom

1 min read

Fungsi Ribosom – Bisa dibilang, makhluk hidup memang memiliki komposisi tubuh yang terbilang cukup rumit. Bukan tanpa alasan karena di dalam makhluk hidup tersebut terdapat banyak sekali hal yang bisa dibilang cukup kompleks karena mendukung keberadaan makhluk hidup itu sendiri. Salah satu bagian penting dari makhluk hidup adalah keberadaan ribosom.

Fungsi Ribosom
Fungsi Ribosom

Mungkin bagi Anda yang tergolong masih awam maka pastinya asing dengan istilah yang satu ini. Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa istilah yang satu ini memang tidak terdengar familiar. Tidak heran apabila kemudian masih banyak orang yang belum tahu tentang hal ini. Bagi Anda yang ingin tahu, berikut ini fungsi dan hal penting yang baik diketahui.

Komposisi Ribosom

Hal penting pertama yang mesti Anda ketahui adalah komposisi dari ribosom ini terlebih dulu. Komposisi ini sendiri tentunya tidak kalah penting dari fungsi ribosom. Bagi Anda yang belum tahu, komposisi ribosom ini terdiri dari ribonukleat dan juga protein. Selain itu, ribosom ini sendiri dijadikan tempat untuk pembuatan protein yang tentunya sangat dibutuhkan makhluk hidup tersebut. Tidak heran mempelajari ribosom sangatlah penting.

Bentuk dan Ukuran Ribosom

Hal berikutnya yang juga sebaiknya Anda ketahui adalah bentuk dan juga ukuran yang dimiliki oleh ribosom ini sendiri. Untuk bentuk kasarnya sendiri, ribosom ini terlihat hanya seperti sebuah titik. Padahal apabila dilihat lebih dekat maka bentuk sebenarya dari ribosom ini adalah berbentuk bulat. Untuk ukurannya sendiri juga bisa dibilang tidaklah terlalu besar. Selain itu, ribosom ini sendiri juga terdiri dari dua bagian yaitu subunit besar dan juga subunit kecil.

Aplikasi Serupa :  Fungsi Tulang Kering

Fungsi yang Dimiliki

Fungsi ribosom pastinya adalah hal paling penting yang ingin Anda ketahui dengan segera. Terutama bagi Anda yang memang tergolong awam dan juga pemula dalam bidang ini. Sederhananya adalah ribosom ini berguna sebagai tempat membentuk protein tertentu. Seperti yang diketahui bahwa protein ini sangat berguna dan berfungsi untuk aktivitas sel pada tubuh Anda. Jadi tentunya peran dari ribosom ini sangat penting sekali untuk makhluk hidup manapun.

Seringkali ribosom ini disamakan dengan mitokondria. Padahal dua hal ini jelaslah dua hal yang sangat berbeda. Soalnya masih banyak mereka yang tergolong awam tidak bisa membedakan dua hal ini karena dianggap sama. Padahal perlu diketahui bahwa dua hal ini cukuplah berbeda antara satu sama lain. Apabila ribosom berguna untuk membuat protein maka mitokondoria berfungsi untuk pembangkit energi pada sel.

Struktur yang Dimiliki Ribosom

Hal penting terakhir yang mesti Anda ketahui tentang ribosom adalah struktur yang dimilikinya. Jadi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa struktur yang dimiliki ribosom ini terdiri dari dua bagian yaitu subunit kecil dan juga subunit besar. Bisa dibilang, subunit tersebut semakin besar maka akan semakin besar juga kepadatannya. Bisa dibilang, mengetahui struktur ribosom ini tentunya tidak kalah penting dari fungsi ribosom itu sendiri.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang fungsi ribosom dan juga hal penting lainnya. Terutama bagi Anda yang tergolong masih awam dan juga amatir dalam hal ini. Dengan adanya penjelasan tersebut pastinya akan jauh lebih memudahkan Anda untuk memahaminya. Jadi jangan sampai salah lagi dalam mengira dan juga mendefinisikan ribosom ini. Apalagi mengingat pentingnya keberadan dari ribosom ini sendiri.

Aplikasi Serupa :  Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Baca Juga :

Fungsi Tulang Paha

Yogi Tech
2 min read

Fungsi Tulang Kering

Yogi Tech
1 min read
WELCOME
Selamat Datang di Website Kami Jika ada link yang rusak silahkan hubungi kami melalui admin@jamiatabdillah.net