Mitokondria Hewan

2 min read

Mitokondria Hewan
Mitokondria Hewan

Pengertian Mitokondria Hewan

Pengertian Mitokondria Hewan – Peran utama dari mitokondria adalah sebagai pabrik bagi energy sel yang menghasilkan energy dalam bentuk ATP. Mitokondria itu sendiri adalah salah satu organel sel yang dapat berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sebuah respirasi sel dalam makhluk hidup.

Fungsi Mitokondria Hewan

Fungsi mitokondria – ini memiliki dua lapisan membrane, yang terdiri dari membrane luar dan juga membrane bagian dalam. Pada membrane dalam terdapat lipatan yang disebut dengan krista. Dalam mitokondria juga terdapat sebuah ruangan yang disebut dengan matriks, dimana memiliki beberapa mineral di dalamnya.

Mitokondria juga memiliki ruang intermembran dan juga matiks tadi. Intemembran sendiri merupakan ruang yang terdapat diantara dua membrane. Sedangkan membrane bagian luarnya tidak dapat dilalui oleh molekul kecil dan juga molekul besar serta protein. Matriks sendiri merupakan ruang yang terbungkus oleh membrane bagian dalam.

Sebuah analisis menyatakan bahwa fungsi mitokondria merupakan sebuah organel hasil revolusi yang terjadi antara sel α- proteobacteria prokariota ber-endosimbiosis dengan sel eukariota. Berikut akan dijelaskan beberapa fakta pendukungnya.

  • Adanya DNA yang terdapat dalam mitokondria menunjukkan bahwa dulu mitokondria merupakan sebuah entitas terpisah dari sel inangnya
  • Adanya kemiripan antara mitokondria dan juga bakteri. Baik dalam segi ukuran maupun dari cara bereproduksinya dengan cara membelah diri. Serta struktur DNA yang berbentuk lingkaran

Karena hal inilah, fungsi mitokondria memiliki system genetic sendiri yang sangat berbeda dengan system genetic inti. Selain hal itu, ribosom dan juga rRNA mitokondria sendiri cenderung lebih mirip dengan bakteri dibandingkan dengan inti sel eukariota. Tahap respirasi pada tumbuhan dan juga hewan memiliki jalur yang sama yaitu daur atau siklus krebs.

Struktur Mitokondria

Jumlah mitokondria berbeda pada tiap selnya. Mitokondria dengan bentuk elips memiliki diameter 0.5 µm serta panjang 0.5 – 1.0 µm. Strukturnya sendiri terdiri dari empat bagian utama, antara lain adalah membrane luar, membrane dalam, ruang antar membrane, serta matriks yang terletak pada bagian dalam membrane.

  • Membrane luar mitokonria terdiri dari protein dan juga lipid yang memiliki rasio perbandingan sama serta mengandung protein porin yang menyebabkan membrane bersifat permeable terhadap molekul kecil berukuran 6000 dalton. Membrane luar ini menyerupai membrane luar pada bakteri gram negatif. Membrane luar dari fungsi mitokondria ini juga mengandung enzim yang berperan dalam proses transport lipid ke matriks untuk menjalani β-oksidasi penghasil asetil-KoA.
  • Berbeda dengan membrane dalam yang kurang permeable dan terdiri dari 20% lipid serta 80% protein. Membrane ini merupakan tempat utama bagi berlangsungnya proses pembentukan ATP. Luas permukaannya pun dapat meningkat akibat adanya lipatan yang menonjol ke dalam matriks (krista). Membrane dalam ini juga memiliki kandungan protein untuk fosforilasi oksidatif, ATP sintase yang berguna sebagai pembentuk ATP pada matriks mitokondria, serta protein transport dengan fungsi mengatur keluar masuknya metabolit dari matriks lewat membrane dalam.
  • Terakhir, ruang antar membrane sendiri merupakan tempat bagi berlangsungnya reaksi penting sel, seperti siklus krebs, adanya reaksi β-oksidasi asam lemak, serta reaksi oksidasi asam amino. Di dalam matriks ini terdapat materi genetic yang disebut sebagai DNA mitokondria (mtDNA), ribosom, ADP, ATP, fosfat inorganic serta ion (magnesium, kalsium, serta kalium).

Fungsi Dari Mitokondria

Fungsi mitokondria yang paling utama adalah sebagai pabrik energy sel yang menghasilkan suatu energy berbentuk ATP. Banyak fungsi lain yang sangat bervariasi bergantung dari jenis sel dimana mereka berada.

  • Sebagai penghasil energy. Makanan yang kita konsumsi akan dipecah dalam bentuk molekul sederhana seperti karbohidrat, lemak, dan sebagainya. Dari sana, akan langsung dikirimkan ke mitokondria yang akan diproses menjadi molekul bermuatan dan akan bergabung dengan oksigen serta dapat menghasilkan molekul ATP. Proses inilah yang disebut fosforilasi oksidatif.
  • Memiliki peran penting dalam menjaga konsentrasi ion kalsium dalam kompartemen sel yang bertujuan sebagai sebuah tangki penyimpanan ion kalsium bagi sel.
  • Berperan dalam membangun bagian tertentu dari darah serta hormone seperti testosterone dan juga estrogen.
  • Mitokondria yang terdapat dalam sel hati memiliki enzim yag berfungsi mendetoksifikasi ammonia.
  • Berperan dalam proses kematian sel terprogram (sel yang tidak diinginkan dengan jumlah banyak yang dipangkas selama perkembangan organisme). Kematian sel abnormal ini dikarenakan adanya disfungsi mitokondria yang berdampak dalam fungsi organ.

Ini hanya sekelumit dari banyak penjelasan yang masih bisa dijabarkan lagi tentang fungsi mitokondria. Semoga, dari sedikit informasi ini dapat memberikan Anda referensi lebih tentang apa itu mitokondria.

Baca Juga :

Fungsi Tulang Paha

Yogi Tech
2 min read

Fungsi Tulang Kering

Yogi Tech
1 min read
WELCOME
Selamat Datang di Website Kami Jika ada link yang rusak silahkan hubungi kami melalui admin@jamiatabdillah.net