Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

2 min read

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif harus diketahui oleh seorang mahasiswa yang telah mencapai tingkat akhir. Untuk menulis karya ilmiah atau tesis, mahasiswa akan diberi pilihan jenis penelitian apa yang akan digunakan. Penelitian harus menggunakan metode kualitatif ataupun metode kuantitatif.

Namun dalam kenyataannya terdapat banyak mahasiswa yang bingung dengan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Akibatnya, beberapa mahasiswa salah menentukan jenis penelitian yang digunakan bahkan mengalami kesulitan. Seperti yang terdapat dalam beberapa kasus, banyak mahasiswa yang tidak melanjutkan tesis mereka hanya karena mereka salah dalam memilih jenis penelitian.

Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif
Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif

Agar hal yang seperti ini tidak terjadi akan lebih baik jika seorang mahasiswa atau peneliti memahami terlebih dahulu perbedaan antara kedua jenis penelitian ini. Apabila mahasiswa mengenali perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, minimal mahasiswa tersebut dapat memilih penelitian yang sesuai dengan karakter dan kemampuan.

Walaupun jenis penelitian ini memiliki beberapa persamaan, kedua penelitian ini ternyata memiliki banyak perbedaan. Penelitian kualitatif dan kuantitatif memiliki berbagai perbedaan yang dilihat dari sudut pandang. Perbedaan-perbedaan ini meliputi:

Desain Penelitian

Perbedaan pertama dari metode kualitatif dan kuantitatif adalah dalam segi desain penelitian.

Desain dari penelitian kualitatif bersifat umum sehingga para peneliti dapat menentukan studi penelitian secara keseluruhan atau independen dari hal-hal tertentu. Selain itu metode kualitatif memiliki karakter yang fleksibel dan dinamis, di mana proses penelitian disesuaikan dengan keadaan atau dapat dikembangkan.

Sedangkan penelitian kuantitatif memiliki sifat yang lebih spesifik dan detail dimana desain metode telah di uraikan hingga ke bagian-bagian kecilnya. Selain itu adalah desain yang statis, yaitu penelitian kuantitatif yang tidak dapat dirubah lagi alur atau dikembangkan kembali.

Aplikasi Serupa :  Fungsi Ribosom

Analisis Data

Analisis data merupakan ciri kedua yang membuat perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Untuk menganalisis data penelitian kualitatif, penelitian dapat dilakukan atau diperiksa selama proses penelitian masih berjalan. Oleh karena itu, analisis data benar-benar sesuai dengan situasi saat penelitian sedang berlangsung.

Sementara analisis data penelitian kuantitatif dilakukan atau diperiksa pada akhir penelitian sebelum hasilnya dikumpulkan. Ini semua karena alur penelitian kuantitatif telah ditentukan.

Subjek Penelitian

Perbedaan yang ketiga antara penelitian kualitatif dan kuantitatif adalah dalam hal subjek penelitian. Penelitian kualitatif akan mengangkat sebuah narasumber sebagai subjek penelitian berdasarkan metode penelitian mereka dalam bentuk studi kasus dan mengharuskan peneliti untuk melakukan wawancara agar mendapatkan sebuah informasi.

Sedangkan penelitian kuantitatif akan mengangkat sebuah responden atau penjawab menjadi pertanyaan penyidik. Karena metode penelitiannya adalah dalam bentuk eksperimen atau survei.

Memandang Kebenarannya

Penelitian kualitatif menganalisis kebenaran yang tergantung pada bagaimana peneliti menawarkan pandangan kepada data. Alasannya adalah terdapat beberapa hal yang cukup rumit yang tidak dapat dijelaskan menggunakan angka. Penelitian ini mengumpulkan data yang didasarkan oleh teori relevan, agar teori baru dapat terbentuk sehingga dapat memperkuat teori sebelumnya.

Penelitian kuantitatif berbeda dengan penelitian kualitatif, di mana fakta dan kebenaran tentang subjek penelitian dapat diteliti. Ketika seorang peneliti tidak harus berada di salah satu pihak orang atau kelompok tertentu dengan kata lain harus netral.

Pengumpulan data

Dalam proses pengumpulan data, penelitian kualitatif harus fokus pada sebuah hal yang tidak dapat diukur secara positif atau negatif. Oleh karena itu para peneliti diwajibkan melihat fakta ini lebih dekat.

Kualitas penelitian ini ditentukan bukan oleh jumlah kuanatitas atau jumlah sumber, akan tetapi dimana peneliti harus mengumpulkan informasi ini lebih dalam dan lebih spesifik dari informan terpilih.

Aplikasi Serupa :  Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Sedangkan data penelitian kuantitatif harus dikumpulkan melalui berbagai jenis alat penelitian yang digunakan, seperti tes dan kuesioner. Data yang dikumpulkan akan dibagi ke dalam kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Berbeda dengan penelitian kualitatif, kualitas yang dihasilkan dari penelitian kuantitatif akan dipengaruhi oleh sejumlah responden yang telah terlibat.

Baca Juga :

Fungsi Tulang Paha

Yogi Tech
2 min read

Fungsi Tulang Kering

Yogi Tech
1 min read
WELCOME
Selamat Datang di Website Kami Jika ada link yang rusak silahkan hubungi kami melalui admin@jamiatabdillah.net