Tips Menjaga Fungsi Tulang Betis

1 min read

Tips Menjaga Fungsi Tulang Betis – Berbicara tentang bahasan tulang pada manusia, tentu bukanlah suatu hal yang aneh. Tapi tidak banyak yang menyadari bahwa tulang memiliki peran penting dan berbagai fungsi bagi kehidupan manusia sehingga sudah seharusnya manusia menjaga kesehatan tulang yang ada pada tubuhnya, salah satunya adalah tulang betis.

Tips Menjaga Fungsi Tulang Betis
Tips Menjaga Fungsi Tulang Betis

Definisi Tulang Betis

Tulang atau yang disebut kerangka merupakan penopang tubuh. Jika tanpa tulang, maka manusia tidak bisa duduk, tegak berdiri dan melakukan aktivitas lainnya. Proses pembentukan tulang sudah terjadi sejak manusia masih berbentuk bayi dalam kandungan hingga dekade kedua dengan susunan yang teratur pada tubuh manusia.

Tulang betis sendiri adalah tulang yang terletak di bagian belakang tungkai kaki. Jika dilihat dari sistem otot, ternyata tulang betis ini berhubungan dengan belakang tungkai kaki. Di dalam sisi belakang tungkai kaki terdapat dua otot besar yang dikenal sebagai otot betis. Otot betis tersebut melekat pada tumit melalui tendon achilles yang banyak berperan sebagai fungsi tulang betis.

Tulang betis masih menjadi bagian dari tulang paha yang berada dibawahnya setelah lutut. Posisinya ada di tulang lutut dan tulang pergelangan kaki. Tugas tulang betis ialah menyokong tulang panggul dan bagian bawah tubuh manusia.

Tulang betis memiliki nama ilmiah yakni fibula. Tulang betis atau fibula merupakan bagian luar dan lebih tipis dari dari dua tulang panjang kaki bagian bawah. Tulang ini memiliki struktur yang jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan tulang bagian lain seperti tulang kering.

Tulang betis terdiri dari bentangan paralel ligamen yang terpasang pada kedua ujungnya. Posisi ujung atas fibula tidak mencapai tulang lutut, akan tetapi posisi ujung bawah turun di bawah tulang kering yang kemudian membentuk bagian dari pergelangan kaki tersebut.

Aplikasi Serupa :  4 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia

Fungsi-Fungsi Tulang Betis

Tulang betis memiliki fungsi sebagai penopang yang memberikan kekuatan pada tubuh terutama pada bagian kaki. Selain itu, tulang betis merupakan tempat untuk melekatnya lutut dan tulang pergelangan kaki.

Tulang betis ternyata juga menjadi tempat pembuatan sel darah merah sekaligus menjadi lokasi penyimpanan garam mineral dalam tubuh. Tulang betis juga menjadi tempat perlindungan organ-organ penting pada bagian kaki.

Selain sebagai pengait pin, fungsi tulang betis lainnya adalah melindungi saat terjadinya benturan secara langsung serta mempertahankan keseimbangan tubuh. Tulang betis ini juga mempunyai peran sebagai penopang dan penguat otot saat berjalan maupun berlari.

Tips Menjaga Tulang Betis

Anda bisa menjaga dan merawat tulang betis dan tulang lainnya agar bisa berperan secara optimal sesuai fungsi-fungsi yang dimiliki untuk keberlangsungan kinerja organ lain yang berdampingan dengannya, antara lain yakni :

Tips pertama adalah melakukan olahraga secara rutin dan teratur seperti lari pagi, senam, jalan cepat, yoga dan lain sebagainya. Jika Anda ingin melakukan olahraga renang, pastikan Anda terlebih dahulu melaksanakan pemanasan supaya tidak mengalami kram pada bagian betis.

Tips kedua ialah rutinlah mengkonsumsi air putih dengan tepat dan teratur. Jaga keseimbangan makanan antara sayuran, buah-buahan serta protein hewani. Jika perlu, minum obat atau vitamin penambah kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Upaya menjaga kesehatan fungsi tulang betis yang tak kalah penting yaitu menjaga berat badan agar tetap dalam kondisi ideal. Pasalnya, orang yang memiliki berat badan terlalu rendah juga rentan terkena penyakit osteopenia dan osteoporosis.

Baca Juga :

Aplikasi Serupa :  Fungsi Ribosom

Fungsi Tulang Paha

Yogi Tech
2 min read

Fungsi Tulang Kering

Yogi Tech
1 min read
WELCOME
Selamat Datang di Website Kami Jika ada link yang rusak silahkan hubungi kami melalui admin@jamiatabdillah.net